Assalamualaikum Wr.Wb....Haii Selamat Datang. Terima Kasih Sudah Mampir Kesini............. "Silakan dilihat-lihat semoga berkenan"........... Untuk Pemesanan Hub : Lely - Telp/WA 085280549937, Pin bb 56A7E3E0 Email : lely.febrianti@gmail.com Website : Http://dnauracooking.blogspot.com

Minggu, 20 April 2014

BANANA COTTON CAKE (BCC)






Bismillah..
Sekilas tentang Banana Cotton Cake....
Tentu teman2 sudah tidak asing dengan buah pisang. Buah khas negara tropis yang mengandung banyak vitamin serta banyak manfaat ini banyak digemari oleh masyarakat Indonesia. Tapi bagaimana jika teman2 melihat ada cake yang memiliki bentuk seperti buah pisang? Apakah teman2 akan tertarik untuk mencobanya?.

Karna tertarik dan penasaran akupun bela-belain ke Bekasi untuk bisa mendapatkan cetakan dan juga cokelat yang katanya lain dari cokelat pada umumnya. Alhamdulillah kemaren aku bisa mengekseskusinya walaupun hanya berbekal resep yang ada di file BKR yang sudah di share sama Mba Srie Purwanti. Izin share yaa mba...
Kalau menurutku metode pembuatannya hampir sama dengan pembuatan dengan metode Chiffon cake, hanya beda pada proses pemanggangan yang dikenal dengan metode Au bain marie. Karna beda saat proses pemanggangan tersebutlah menjadikan cotton cake lebih berat tapi lembut daripada chiffon cake. 

Cotton cake sering disebut juga dengan cake kapas, karna punya tekstur lembut sedikit lentur juga pori2nya halus seperti kapas. Dikarnakan kelembutannya maka cake ini menjadi populer hingga dicari orang dengan berbagai variasi dalam bentuk dan rasa yang tentu saja menggiurkan hingga nilai jual Cotton cake ini digerai bakeri dan toko kue cukup mahal hingga terkesan eksklusife.

Ny.Lim, ahli cake dan cookies asal Bandung mendemontrasikan keahlian serta kreatifitasnya dalam membuat Cotton cake dengan variasi pisang yang dikenal dengan Banana Cotton Cake pada acara East Food Expo, 14 Juni 2013, yang diadakan di Gramedia Expo, Surabaya. Banana Cotton Cake ini merupakan cake yang memiliki tidak hanya rasa dan aroma, tetapi juga bentuk dan warna yang persis sekali dengan buah pisang.

Untuk rasa, bentuk dan aroma pisang bisa muncul persis dengan buah pisang aslinya karna dalam pembuatan cake menggunakan puree pisang asli yang dicampurkan kedalam adonan. Tipsnya jangan menggunakan sembarang pisang, hanya pisang ambon yang sesuai dan dapat menghasilkan rasa yang enak untuk menghasilkan Banana Cotton Cake ini. 
Berikutnya jika ingin menghasilkan cake yang mirip seperti pisang, tentu bentuknya pun harus menyerupai pisang. Untuk pembuatan cake ini loyang yang harus digunakan adalah loyang yang juga berbentuk persis seperti pisang. Teman2 boleh dapatkan ditoko bahan kue. Selanjutnya aroma dan warna yang sama persis seperti pisang adalah dengan cara mencelupkan adonan yang sudah dipanggang kedalam cokelat leleh yang warnanya kuning dan berperisa pisang.

Yukk teman2 kita belajar membuatnya sendiri didapur masing2 yaa...,) tidak sulit hanya memerlukan ketelitian dalam mengikuti instruksi resep agar hasilnya sempurna. Dalam resep ini ada 3 bahan yang harus dibuat. Ketiga bahan itu harus dibuat satu persatu secara terpisah lalu dimasukkan kedalam bahan lainnya secara berurutan tidak sekaligus. Saat pemanggangan jangan terlalu banyak memberi air dan pastikan airnya tidak kering sewaktu memanggang.
Jangan takut gagal, jika berhasil pasti teman2 berdecak kagum akan hasilnya, so kamu pasti bisaaaa... hee..heee.

Banana Cotton Cake (BCC)
Source: Ny.Lim dan mba Srie.
Bahan A:
  1. 250 ml putih telur
  2. 125 gr gula pasir
  3. 1/2 sdt cream of tartar (gak pake)

Bahan B:
  1. 150 gr pisang ambon matang
  2. 50 gr gula pasir
  3. 1 btr telur
  4. 7 btr kuning telur
  5. 1/4 sdt garam
  6. 3 gr esence pisang ambaon (gak pake)

Bahan C:
  1. 50 gr margarine, lelehkan
  2. 50 gr susu cair UHT

Bahan D:
  1. 200 gr tepung Zircon (kupake terigu segitiga)
  2. 1/4 sdt sodakue

Bahan E:
  1. Banana Cokelat Elmer, lelehkan
  2. Esense Pisang
  3. pewarna kuning
  4. Dark chocolate, lelehkan

Caranya:
  1. Kocok bahan A hingga (soft peak) mengembang, sisihkan
  2. Kocok bahan B hingga mengembang tapi jangan sampai putih, matikan api
  3. masukkan bahan D aduk rata, masukkan bahan C kocok rata, matikan mikser, terakhir masukkan bahan A aduk rata lagi.
  4. Tuang adonan kecetakan pisang yang sudah dioles margarine
  5. Panggang dengan Au main marie lk. 30 menit, angkat dinginkan
  6. Siram dengan bahan E dinginkan hingga mengeras. Beri Dark Chocolate (gunakan kuas untuk efek kecokelatan menyerupai pisang).
  7. Selamat berkreasi.

3 komentar:

DEWI CATUR HANDAYANI mengatakan...

au main marie apaan ya mba...?

Isma mengatakan...

mba izin share ya resepnya, penasaran pengen nyoba, tp blm punya cetakannya, hehe

Unknown mengatakan...

Mba kalo boleh tau alamat toko bahan kue yg jualan coklat di bekasi dimana ya? Nama tokonya apa? Tks

Posting Komentar